Langsung ke konten utama

DOCKER


Pengertian Docker 

Docker merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi sebagai wadah (biasanya orang-orang nyebutnya container), yang memungkinkan para developer untuk melakukan memasukkan sebuah software secara lengkap beserta semua hal lainnya yang dibutuhkan oleh software tersebut dapat berfungsi. Pengaturan software beserta file dan hal pendukung lainnya akan menjadi sebuah Image (istilah oleh docker). nah Kemudian sebuah instan dari Image tersebut kemudian disebut Container.

Perbedaan Docker dengan Virtual Machine
 
Perbedaan dasar antara Docker dengan Virtual Machine ialah terletak pada metodenya, yaitu aplikasi berjalan di atas hypervisor dan guest OS, sedangkan docker dapat menjalankan aplikasi langsung tanpa kedua hal tadi. Docker sendiri juga dilengkapi dengan fitur sandbox yang menjamin para Developer dan sysadmin tidak terganggu. Sandbox di istilah keamanan komputer adalah mekanisme pemisahan aplikasi atau program tanpa mengganggu host (isolasi). nah, Bagi pengembang, sandbox Menjamin aplikasinya dapat berjalan tanpa ada gangguan atas perubahan lingkungan host. Sedangkan untuk sysadmin sendiri menjamin host server yang dikelola tidak terganggu dan dapat melakukan update tanpa takut mengganggu aplikasi yang sedang berjalan.
jadi dengan adanya Docker, Developer dapat mengefektifkan waktu mereka dengan menghilangkan proses konfigurasi yang cocok dengan programnya. Selain itu, berkat fitur sandbox, pengembang leluasa untuk berkreasi tanpa takut merusak programnya. Terakhir docker menjamin program yang kita buat, akan selamanya berjalan seperti seharusnya. Pemaketan aplikasi dan seluruh kebutuhannya, memastikan aplikasi berjalan lancer pada kondisi lingkungan apapun.

Istilah pada Docker

Docker Image

Docker image merupakan template dasar untuk docker container. Image ini berisi sistem oeprasi ataupun aplikasi yang sudah selesai. Docker image ini berfungsi untuk menjalankan container.

Docker Container

Docker container merupakan sebuah image yang bersifat read-write. Pada setiap perubahan yang disimpan pada container akan menyebabkan terbentuknya layer baru di atas image. Developer dapat melakukan instalasi aplikasi didalamnya dan melakukan penyimpanan.

Docker Registries

Docker registries merupakan tempat penyimpanan (public atau private) di mana developer dapat mengunggah dan mengunduh image. Docker registries bersifat public disebut dengan Docker Hub. Disini, terdapat banyak image yang sudah dibuat atau image yang lain.

Dockerfile

Dockerfile merupakan script yang yang berisi dari serangkaian perintah yang akan dieksekusi secara otomatis dan berurutan untuk membuat sebuah image.
Dengan Docker, proses akan sangat ringan dan cepat dibandingkan dengan virtual mesin yang berbasis hypervisor. Besarnya overhead, hanya sebesar layanan aplikasi yang dijalankan pada container itu sendiri. Selain itu, para developer dapat menjalankan banyak container dalam mesin host.

Instalasi Docker di CentOS 7 x64

Untuk instlasi pada OS yang lain anda dapat mengacu ke dokumentasi instalasi disini.
Sampai tulisan ini ditulis versi terakhir adalah docker versi 1.6.0. Docker membutuhkan instalasi pada mesin 64 bit, syarat lainnya adalah versi minimal kernel di centos adalah menggunakan kernel versi minimum 3.10, untuk mengeceknya bisa anda ketikkan perintah uname -r
uname -r
Langkah pertama update paket di centos
yum update
Download paket docker RPM untuk centos 7
curl -O -sSL https://get.docker.com/rpm/1.7.0/centos-7/RPMS/x86_64/docker-engine-1.7.0-1.el7.centos.x86_64.rpm
Install paket dockernya
yum localinstall --nogpgcheck docker-engine-1.7.0-1.el7.centos.x86_64.rpm
Start docker service
systemctl start docker.service
Set docker agar dijalankan pada saat boot
systemctl enable docker.service
Verify dan cek statusnya bisa dengan perintah
systemctl status docker.service

Docker telah terinstall, selanjutnya kita bisa mulai membuat sebuah container dengan mendownload docker images di Docker Registry yang merupakan tempat penyimpanan public atau privat untuk mendownload dan mengupload images.
Contoh kita akan mendownload docker image centos
Untuk mencari image
docker search centos
Setelah ketemu nama image yang diinginkan download/pull misal dengan perintah
docker pull centos
Tunggu hingga selesai mendownload imagenya,
Test dengan jalankan perintah misal
docker run hello-world

Kemudian coba jalankan docker container, dan masuk ke shellnya
docker run -i -t centos /bin/bash
Ketik “exit” untuk keluar, kemudian kita coba cek containernya dengan perintah
docker ps -a


Akan tampak 2 nama container, karena kita me-run 2 perintah diatas, coba kembali jalankan perintah docker run -i -t centos /bin/bash
masuk ke dalam shell lagi, lalu coba buat sebuah file atau perubahan lainnya dan simpan, kemudian anda coba keluar dengan “exit”.
Lihat lagi daftar containernya
docker ps -a
hasilnya akan terlihat


Ada tambahan 1 container lagi berarti jumlahnya ada 3, jadi setiap kita melakukan perubahan image otomatis docker akan membuat sebuah container baru dengan otomatis juga menambahkan nama dan ID baru. Kita juga dapat kembali ke container yang telah kita lakukan perubahan sebelumnya dan meneruskannya dengan perintah
docker start [container ID]
docker attach [container ID]
Berikut adalah beberapa perintah lainnya pada Docker :
 
Cek info versi docker
docker info
Mengunduh images dari Docker hub
docker pull [image name]
Menghapus image dalam docker
docker rmi [image ID]
Melihat daftar image
docker images
Membuat container baru
docker run [image name] [command to run]
Menyetop container
docker stop [container ID]
Start container
docker start [container ID]
Melihat daftar kontainer
docker ps
Menghapus kontainer yang ada
docker rm [container ID]
Melakukan commit perubahan pada images
docker commit [container ID] [image name]

Sumber :
https://andykamto.com/belajar-docker-mengenal-docker-dan-install-docker/
https://ipurwae.id/apa-itu-docker-dan-bagaimana-cara-menggunakanya
https://teknojurnal.com/pengertian-dan-istilah-pada-docker/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE Hellooooo guys............ Semakin lama semakin berkembang  pesat ya sistem informasi dan komunikasi di Indonesia dalam kehidupan masyarakat. Dengan pesatnya perkembangan ini, dituntut untuk adanya informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Dan juga pesaing-pesaing pun makin ketat. Dengan ketatnya pesaing, menuntut suatu sistem  informasi menjadi lebih baik, cepat menyelesaikan masalah, tepat, dan akurat. Misalnya dalam pembelian tiket kereta api. Mungkin dahulu, kalau mau mesan tiket harus mengantri panjang, harus ke lokasi pembelian tiket dan menunggu lama. Namun sekarang dengan adanya teknologi yang semakin pesat, semua orang bisa memesan tiket dirumah masing-masing, relatif mudah dan cepat. Dengan adanya e-ticketing, semua orang bisa membeli tiket secara online tanpa harus mengantri panjang dan menunggu lama. Tentunya lebih menghemat waktu,   menghemat tenaga dan mengheat biaya juga untuk memperoleh tiket y

KELOMPOK - TUGAS 4 - AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

AUDIT THROUGH THE COMPUTER,   AROUND THE COMPUTER PADA LINGKUNGAN WORKGROUP/ENTERPRISE INFORMATION SYSTEM A.    Workgroup Information System 1.     Definisi Workgroup Information Systems ialah suatu bentuk sistem yang dalam menjalankan fungsinya terdiri dari beberapa orang yaitu berupa sekelompok tim kecil yang saling berkolaborasi dalam proyek atau aplikasi yang sama, memiliki aturan yang mengatur fungsi grup dan anggotanya serta standarisasi peran untuk setiap anggota dalam organisasi tersebut, Workgroup Information Systems dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari sebuah kelompok kerja. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dari suatu kelompok kerja. Dalam divisi sumber daya manusia, terdapat beberapa workgroup yang bertugas untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas personalia guna menunjang kelancaran suatu produk. Workgroup tersebut akan mengatur dan mengembangkan kemampuan sikap mental SDM yang memiliki potensi serta motivasi yang kuat untuk berpresta

Subject-verb agreement - Tugas Individu - Bahasa Inggris Bisnis 2#

Subject-verb agreement is the correspondence between verb (verb) with sentence subject in terms of number ( singular or plural ). The rules : 1.      Subjects and verbs must agree in number. This is the cornerstone rule that forms the background of the concept. Example : a.      The boy eats meat This sentence is singular because the boy is only 1, so the verb combine with s/ES. b.      The boys eat meat This sentence is plural because the boy is more than 1, so the verb is’nt adding s/es. 2.      Two singular subjects connected by or / nor /neither require a singular verb. Example : a.       My Uncle or my aunt is visiting my house. b.      Neither Daru nor Tiara does not want to play with me. *In the two sentences above even though there are two subjects, but do not include are and do. Because the sentence is connected by "or or nor or neither" which means the subject is only one. 3.      If one of the words "each," "eve