Langsung ke konten utama

VirtualBox



Selamat malam guys... udah pernah denger VirtualBox belum? Gue juga baru tau VirtualBox akhir-akhir minggu ini hehe.. skarang gue akan membahas tentang VirtualBox.

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.
Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.

Cara menggunakan Oracle VM VirtualBox :

1.      Pertama-tama download VirtualBox. Bisa kalian cari digoogle atau klik ini , lalu Pilih sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan dan kemudian download.
2.      Setelah itu kalian klik dua kali yang telah di download tadi. Kemudian keluar seperti dibawah ini:


Lalu klik Next >
3.      Lalu keluar jendela Custom Setup, gunakan pengaturan defaultnya saja.


Lalu klik Next >
4.      Kemudian keluar jendela seperti dibawah ini :


Silakan kalian ceklis semuanya. Lalu klik Next >
5.      Selanjutnya, jendela berikutnya akan muncul peringatan bahwa untuk menginstal fitur Virtual Box Networking akan memutuskan anda dari koneksi jaringan untuk sementara. Bila anda setuju anda dapat melanjutkan instalasi dengan mengklik Yes.



6.      Lalu muncul jendela seperti ini


Lalu klik install. Tunggu sampai benar-benar sudag selesai menginstall dan keluar jendela seperti dibawah ini


Kemudian ceklist “Start Oracle VM VirtualBox 5.1.12 after installation. Kemudian klik Finish.
7.      Shortcut VirtualBox akan muncul di dekstop anda. Kemudian jalankan VitualBox, klik Baru.

8.      Akan muncul jendela seperti dibawah ini

Kalian isi kolom tersebut. Untuk kolom nama, kalian bebas mengisikan apa saja. Untuk kolom type kalian bebas memilih OS apa yang akan anda install, untuk kolom versi saya sarkan untuk 32-bit. Tapi kalau kalian menggunakan 64-bit bisa menggunakan 32-bit atau 64-bit, tapi kalau kalian menggunakan 32-bit hanya bisa menggunakan 32-bit saja. Untuk kalian yang tidak tahu berapa -bit nya, saya sarkan untuk 32-bit saja. Disini saya memberi contoh install windows 7 32-bit. Lalu klik Lanjut.
9.      Pada layar selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan ukuran RAM yang akan di alokasikan untuk mesin virtual. Virtualbox memberikan rekomendasi ukuran berdasarkan sistem operasi yang akan di install, namun anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Semakin besar RAM yang anda alokasikan makan semakin lancar pula virtual machine anda. Namun anda perlu untuk menyisakan beberapa, agar sistem operasi reguler anda dapat tetap berjalan. Tetapi saya sarakan untuk tetap digaris warna hijau ya.


Setelah selesai klik Lanjut.
10.   Kemudian pilih seperti contoh saya dibawah ini:


Kemudian klik Buat.
11.  Kemudian pilih seperti contoh saya dibawah ini:

Lalu klik Lanjut.
12.  Kemudian pilih sesuai keinginan anda, namun saya sarankan untuk pilih seperti contoh saya dibawah ini:


Lalu klik Lanjut.
13.  Menentukan Lokasi & Ukuran hard disk virtual. Silahkan atur sesuai dengan kebutuhan kalian.


Lalu klik buat.
14.  Virtual Machine dan Virtual Hard Drive sudah selesai dibuat, selanjutnya memulai proses install Sistem Operasi. Klik Mulai.


15.  Kemudian pilih dimana kalian akan meletakkan disk awal.


Kalau sudah kalian klik mulai. Lalu install Windows seperti biasa.


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE Hellooooo guys............ Semakin lama semakin berkembang  pesat ya sistem informasi dan komunikasi di Indonesia dalam kehidupan masyarakat. Dengan pesatnya perkembangan ini, dituntut untuk adanya informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Dan juga pesaing-pesaing pun makin ketat. Dengan ketatnya pesaing, menuntut suatu sistem  informasi menjadi lebih baik, cepat menyelesaikan masalah, tepat, dan akurat. Misalnya dalam pembelian tiket kereta api. Mungkin dahulu, kalau mau mesan tiket harus mengantri panjang, harus ke lokasi pembelian tiket dan menunggu lama. Namun sekarang dengan adanya teknologi yang semakin pesat, semua orang bisa memesan tiket dirumah masing-masing, relatif mudah dan cepat. Dengan adanya e-ticketing, semua orang bisa membeli tiket secara online tanpa harus mengantri panjang dan menunggu lama. Tentunya lebih menghemat waktu,   menghemat tenaga dan mengheat biaya juga untuk memperoleh tiket y

KELOMPOK - TUGAS 4 - AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

AUDIT THROUGH THE COMPUTER,   AROUND THE COMPUTER PADA LINGKUNGAN WORKGROUP/ENTERPRISE INFORMATION SYSTEM A.    Workgroup Information System 1.     Definisi Workgroup Information Systems ialah suatu bentuk sistem yang dalam menjalankan fungsinya terdiri dari beberapa orang yaitu berupa sekelompok tim kecil yang saling berkolaborasi dalam proyek atau aplikasi yang sama, memiliki aturan yang mengatur fungsi grup dan anggotanya serta standarisasi peran untuk setiap anggota dalam organisasi tersebut, Workgroup Information Systems dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari sebuah kelompok kerja. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dari suatu kelompok kerja. Dalam divisi sumber daya manusia, terdapat beberapa workgroup yang bertugas untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas personalia guna menunjang kelancaran suatu produk. Workgroup tersebut akan mengatur dan mengembangkan kemampuan sikap mental SDM yang memiliki potensi serta motivasi yang kuat untuk berpresta

Subject-verb agreement - Tugas Individu - Bahasa Inggris Bisnis 2#

Subject-verb agreement is the correspondence between verb (verb) with sentence subject in terms of number ( singular or plural ). The rules : 1.      Subjects and verbs must agree in number. This is the cornerstone rule that forms the background of the concept. Example : a.      The boy eats meat This sentence is singular because the boy is only 1, so the verb combine with s/ES. b.      The boys eat meat This sentence is plural because the boy is more than 1, so the verb is’nt adding s/es. 2.      Two singular subjects connected by or / nor /neither require a singular verb. Example : a.       My Uncle or my aunt is visiting my house. b.      Neither Daru nor Tiara does not want to play with me. *In the two sentences above even though there are two subjects, but do not include are and do. Because the sentence is connected by "or or nor or neither" which means the subject is only one. 3.      If one of the words "each," "eve