Langsung ke konten utama

"IMAGEMAGICK"



Hallo semuuuaaaaa.....
Balik lagi ke blog gue...
Sekarang gue akan membahas suatu tool image processing yaitu ImageMagick.
ImageMagick adalah sebuah perangkat lunak grafis yang gratis. Kemampuannya antara lain mampu membuat, memodifikasi dan menampilkan gambar-gambar bitmap serta mampu membaca, melakukan konversi dan menulis ke dalam berbagai format gambar yang berbeda. Selain itu perangkat lunak ini dapat melakukan crop, mengganti warna, rotasi, menggabungkan dan mengaplikasikan berbagai efek. ImageMagick terkenal karena digunakan di MediaWiki, perangkat lunak yang dipakai proyek Wikimedia seperti Wikipedia. Perangkat lunak inilah yang digunakan apabila suatu gambar di Wikipedia dimodifikasi ukurannya (resize).

ImageMagick dapat diunduh lengkap dengan kode sumbernya dan bebas digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan. Lisensinya kompatibel dengan GPL serta mampu dijalankan pada berbagai sistem operasi. Kelebihan ImageMagick dengan perangkat lunak grafis lainnya adalah sifatnya yang multiplatform dan dapat digunakan, dimodifikasi serta didistribusikan. Bayangkan jika kita ingin mengkonversi format suatu gambar dalam jumlah yang sangat besar menggunakan perangkat lunak seperti Matlab sangatlah tidak mungkin. Hal itu akan membuang waktu yang cukup banyak dan sulit. Namun dengan menggunakan ImageMagick Hal itu sangat mungkin dilakukan dengan hanya sebaris script dan waktu yang digunakan untuk mengkonversi format suatu gambar sangat efisien.

Agar lebih memahami operasi apa saja yang dapat dilakukan, berikut penjelasan singkat dan implementasi fitur-fitur yang terdapat pada ImageMagick :

-         Konversi Format Gambar
Biasanya anda jika kita ingin mengkonversi satu buah gambar kedalam format lain contohnya anda mempunyai gambar berformat jpg dan ingin mengkonversi ke dalam format png ataupun gif maka cukup menggunakan software photoshop. Namun bagaimana jika anda ingin mengkonversi gambar dalam jumlah banyak dari ekstensi jpg ke keformat lain dalam waktu yang sangat cepat misalkan dalam waktu 30 menit?

Tapi harus install terlebih dahulu aplikasi imagemagick yang dapat di cari di google atau bisa di download disini. Pertama-tama kita pindahkan direktori nya ke direktori tempat gambar yang ingin kita convert berada. Disini saya meletakkan folder yang akan saya convert di partisi E dengan nama folder AYUNDA. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :


Nah, di aplikasi imagemagick ini kita dipermudah dengan tools-tools yang dimilikinya, kita dapat dengan mudah mengkonversi gambar .jpg ke .png dll dengan cara :
-  Buka cmd, lalu masuk ke direktori dimana gambar yang akan dikonversi berada
-  Ketikkan convert “nama”.jpg “nama”.png


 
-                      - Rotate Image
Selanjutnya kita memutar gambar sesuai keinginan kita tanpa membuka software editimage, dengan cara mengetikkan



-                  - GrayScale Image
Mungkin bagi sebagian orang untuk membuat gambar yang fullcolor menjadi hitam putih harus menggunakan photoshop atau aplikasi editimage lainnya, namun jika kita menggunakan ImageMagick hanya dengan mengetikkan sebuah baris perintah pada CMD maka gambar yang tadi nya fullcolor akan menjadi hitam putih hanya dalam hitungan detik.
Caranya dengan mengetikkan perintah dibawah ini :



-                 - Crop Image
Berikutnya untuk mengcrop image dengan ImageMagick, cara nya dengan mengetikkan :



SIAPA YANG MENGGUNAKAN IMAGEMAGICK?

Menurut saya yang menggunakan ImageMagick adalah Sistem Pemesanan Lukisan Berbasis Web dengan menggunakan ImageMagick sebagai pembangkit efek lukisan, bertujuan untuk membantu dan memudahkan pembeli lukisan melalui internet menjadi lebih nyaman dan dapat memesan lukisan seperti selera dan keinginan dari pembeli, sekaligus mengajak pembeli untuk lebih interaktif dan menjadi bagian dari proses produksi lukisan yang dipesan.

Contohnya, e-commerce pada bidang penjualan lukisan. Karakteristik dari e-commerce sendiri dalam melakukan penjualan maupun promosi produk, biasanya dengan menampilkan display produk, spesifikasi produk, harga produk, review produk, dan sebagainya, sehingga para customer bisa melihat dan memilih produk yang diinginkan. Karakteristik umum dari e-commerce ini masih dapat diterima untuk beberapa model jenis penjualan produk, tetapi untuk bidang seni pada khususnya e-commerce penjualan lukisan,karakteristik umum ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu pihak customer tidak dapat melihat maupun memilih jenis sketsa, jenis cat, maupun jenis kanvas dari lukisan.

Kelemahan ini muncul karena selera dan rasa seni dari penjual dengan pembeli pasti memiliki perbedaan, sedangkan suatu usaha mampu dikatakan sukses apabila mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan selera pembeli. Beberapa kelemahan tersebutlah, yang mendasari  penulis ingin membangun sebuah Sistem Pemesanan Lukisan Berbasis Web menggunakan ImageMagick sebagai pembangkit efek lukisan. ImageMagick yang telah berkembang saat ini, dapat menjadi sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari e-commerce dalam bidang penjualan lukisan pada khususnya. Dengan menggunakan ImageMagick, sistem ini dapat memberikan kemudahan ketika pembeli ingin melakukan percobaan dari beberapa model pewarnaan ataupun jenis cat dari lukisan yang akan dipesan oleh pembeli.

Dengan teknologi ImageMagick, sistem yang akan  dibangun akan dapat menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan ketika pembeli ingin memilih, mencoba, maupun membandingkan jenis cat, kanvas, media, frame, dan sebagainya. Selain dari kemudahan yang diberikan diatas, sistem ini juga memberikan kelebihan tersendiri karena mengajak pembeli ataupun pengguna untuk ikut terlibat dalam proses produksi dari lukisan yang akan dipesan, sehingga sistem yang dibangun akan lebih interaktif dan menarik.

DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE Hellooooo guys............ Semakin lama semakin berkembang  pesat ya sistem informasi dan komunikasi di Indonesia dalam kehidupan masyarakat. Dengan pesatnya perkembangan ini, dituntut untuk adanya informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Dan juga pesaing-pesaing pun makin ketat. Dengan ketatnya pesaing, menuntut suatu sistem  informasi menjadi lebih baik, cepat menyelesaikan masalah, tepat, dan akurat. Misalnya dalam pembelian tiket kereta api. Mungkin dahulu, kalau mau mesan tiket harus mengantri panjang, harus ke lokasi pembelian tiket dan menunggu lama. Namun sekarang dengan adanya teknologi yang semakin pesat, semua orang bisa memesan tiket dirumah masing-masing, relatif mudah dan cepat. Dengan adanya e-ticketing, semua orang bisa membeli tiket secara online tanpa harus mengantri panjang dan menunggu lama. Tentunya lebih menghemat waktu,   menghemat tenaga dan mengheat biaya juga untuk memperoleh tiket y

KELOMPOK - TUGAS 4 - AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

AUDIT THROUGH THE COMPUTER,   AROUND THE COMPUTER PADA LINGKUNGAN WORKGROUP/ENTERPRISE INFORMATION SYSTEM A.    Workgroup Information System 1.     Definisi Workgroup Information Systems ialah suatu bentuk sistem yang dalam menjalankan fungsinya terdiri dari beberapa orang yaitu berupa sekelompok tim kecil yang saling berkolaborasi dalam proyek atau aplikasi yang sama, memiliki aturan yang mengatur fungsi grup dan anggotanya serta standarisasi peran untuk setiap anggota dalam organisasi tersebut, Workgroup Information Systems dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari sebuah kelompok kerja. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dari suatu kelompok kerja. Dalam divisi sumber daya manusia, terdapat beberapa workgroup yang bertugas untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas personalia guna menunjang kelancaran suatu produk. Workgroup tersebut akan mengatur dan mengembangkan kemampuan sikap mental SDM yang memiliki potensi serta motivasi yang kuat untuk berpresta

SAP GUNADARMA

Saya sebagai Mahasiswi Universitas Gunadarma, banyak sekali fasilitas yang berteknologi sistem informasi yang diberikan oleh kampus untuk memberikan berbagai informasi tentang jadwal kuliah, jadwal masuk kelas, jadwal pengisian KRS, mengetahui nama dosen, mengetahui nama Mahasiswa, jadwal ujian, materi-materi kuliah, dan juga fasilitas selain tatap muka di kelas. Disini saya akan membahas tentang SAP Gunadarma. (Link : http://sap.gunadarma.ac.id/ ) Apa itu SAP? Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan. Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut : Kod